Konsep HAZOP dalam Tie Bow

bowtie_model

Tie Bow adalah sebuah metode analisis resiko yang mengevaluasi suatu event dengan cara menggabungkan antara CAUSES (penyebab) dan CONSEQUENCES (dampak). Tiap Event yg terjadi dapat disebabkan oleh lebih dari 1 CAUSES dan tiap 1 event yang betul-betul muncul dapat menyebabkan minimal 1 CONSEQUENCES. Event adalah peristiwa yg dipicu oleh CAUSES bisa tunggal bisa simultan dgn yg lain dan Event akan memberikan respon berupa kegiatan aktif yg mengarah kepada munculnya suatu kejadian/peristiwa yang berakhir dengan kerugian.

Persoalan utama dalam Tie Bow ini adalah bagaimana menentukan CAUSES, EVENT, dan CONSEQUENCES yg kredibel. Kalau menggunakan data hasil investigasi insiden maka waktu yang diperlukan untuk menentukan parameter Tie Bow tersebut cukup lama. Apakah ada metode hazard identification yang bisa diandalkan untuk dianalisis lanjut dengan Tie-Bow ini ?. Ada yg menggunakan What-If, Cause-Effect, FMEA, dll. Agak rumit memang mencari model metode hazard identification yg bisa di adop dan dikaji lanjut oleh Tie Bow.

HAZOP disisi yang lain merupakan metode hazard identification yang banyak dan umum digunakan dalam kegiatan industri yang melibatkan proses kimia. Dalam HAZOP terdapat kriteria : Guideword+Process Parameter, Causes, Consequences, dan Safeguard. Dengan membandingkan kriteria HAZOP ini dengan kriteria Tie Bow maka sebenarnya terdapat kesamaan antara kedua metode tersebut.

Event (Tie Bow) dapat disejajarkan dengan Guideword+Process Parameter (HAZOP), Causes dan Consequences memiliki kesamaan yg tinggi antara Tie Bow dan HAZOP. Namun untuk safeguard, di HAZOP bila disusun dgn cara memposisikan pada preventif dan mitigatif maka apa yg dianalisis dalam HAZOP dapat di evaluasi lebih lanjut keefektifannya dengan menggunakan Tie Bow.

Dengan kata lain HAZOP lah metode hazard identification yang bisa mengisi kriteria CAUSES, EVENT, dan CONSEQUENCES di Tie Bow.

(Persiapan mau terbang ke ibukota negara, 31 Juli 2016)

Penulis :

Roslinormansyah Ridwan (cak ros)

Anggota HSE Indonesia Regional Jakarta

(PT Naura Solusi Utama )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *