HSE Indonesia Sangatta Tanam 1000 Pohon

Hari Bumi dicanangkan dunia setiap tanggal 22 April setiap tahunnya, HSE Indonesia Sangatta bersinergi dengan rekan-rekan Pencinta Alam (PA) Sangatta telah jauh-jauh hari mempersiapkan kegiatan Penanaman 1000 Pohon dan melakukan petemuan awal pada tanggal 31 Maret 2015 di Hotel Pinang Sangatta. Direncanakan tepat pada tanggal 22 April 2015 akan serentak dilaksanakan Penanaman Pohon di Areal Polder Air Sangatta Kutai Timur, dikarenakan masih terdapat beberapa kendala maka disepakati bahwa kegiatan tersebut ditunda sampai dengan tanggal 31 Mei 2015

Kondisi tanah diareal Polder air yang membutuhkan beberapa treatment dari pakar lingkungan Kutim dan tidak bisa langsung ditanami mengingat beberapa kali pihak PU sangatta telah melakukan penanaman pohon di seputar areal dan hasilnya pohon mati. HSE Indonesia & Pencinta Alam melakukan koordinasi dengan pihak pengurus polder, dinas PU, dinas pertanian, Stieper Kutai Timur serta Pemkab Kutim agar pelaksanaan kegiatan nanti dapat berjalan dengan baik dan pohon-pohon yang ditanam juga dapat tumbuh subur.

Langkah selanjutnya dilakukan oleh kami dengan melakukan penggalian beberapa titik lokasi yg akan ditanami dengan membuat lubang tanam ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman 40Cm berjumlah 160 titik lubang tanam kemudian dengan menggunakan tanah top soil dicampur pupuk dimasukan kedalam lubang tanam. HSE Indonesia beserta Pencinta Alam Sangatta melakukan pengisian lubang tanam dari tgl 24 s/d 28 Mei 2015.

Gb-1

Kegiatan Penanaman Pohon didukung oleh beberapa sponsor yaitu PT. Kaltim Prima Coal, PT. Santomic Mitra Bersama, PT. Waringin Arum, PT. Wira Keluarga Mandiri, PT. Surveyor Indonesia, PT. Atlas Copco, PT. Ambar Borneo, Green Warrior Sangatta, PT. Bumi Lestari Maju, K3PC dan berbagai Mitra lainnya. Dihadiri pula oleh Pencinta alam dari Bontang,Samarinda Balikpapan, rekan-rekan Stieper, Motorbike dan Pramuka Kutai Timur

Minggu, 31 Mei 2015 Pukul 06.00 s/d 09.00 WITA kegiatan penanaman pohon dilakukan, sebelumnya dilakukan senam pagi terlebih dahulu yg diikuti para peserta, briefing teknis pelaksanaan kemudian para peserta dibagi menjadi 9 kelompok dan menyebar sesuai tugasnya masing-masing. Untuk penanaman tahap pertama 95 lubang tanam dari 160 jenis pohon yang ditanam adalah Trembesi, salam dll. Setelah 3 – 6 Bulan dilakukan monitoring dan pohon tumbuh kuat & subur maka akan dilanjutkan penanaman pohon tahap berikutnya. Jadi kami tidak hanya sekadar menanamnya dan membiarkannya naumn tetap dimonitoring serta maintenance yang baik. Dukungan masyarakat demi penghijauan serta keasrian seputar tempat tinggal kita sangat diharapkan dan tumbuh menjadi suatu kesadaran masyarakat untuk lebih pedui dan mencintai lingkungannya.

DOKUMENTASI KEGIATAN

GB-2 copy

Peserta penanaman 1000 pohon melakukan aksi foto bareng

GB-3

Ketua HSE Indonesia dan HSE Indonesia Sangatta melakukan penanaman pohon perdana

GB-4

peserta melakukan senam pagi sebelum menanam pohon

GB-5

penanaman pohon disalahsatu titik yang dilakukan oleh tim gabungan

GB-6

Penanaman Pohon dilakukan oleh salah satu tim

gB-7

peserta beristirahat setelah melakukan penanaman pohon

2 Responses to HSE Indonesia Sangatta Tanam 1000 Pohon

  1. Anwar Efendy M says:

    HSE Indonesia di sangatta sudah berpartisipasi ke Alam, barang kali bisa dilanjut peduli asap. biar anak anak generasi bangsa bisa sehat semua. salam sukses .

  2. Ratri Galuh says:

    menjadi awal dari pergerakan tanam pohon kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *