Kuliah Umum “Basic HSE in Oil and Gas Industry”

HSE Indonesia bersama dengan offshore skills dan HME (HimpunanMahasiswaElektro) Unjani melaksanakan kuliah umum dengan tema “Basic HSE in Oil and Gas Industry” pada Jum’at 20 Februari 2015 yang diselenggarakan di Kampus Teknik Elektro Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) Cimahi – Jawa Barat dengan pemateri Arie Sumarlin (HSE Indonesia Regional Bandung – Jawa Barat)

Kegiatan kuliah umum di buka langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro Bapak Yuda Bakti Zainal, ST., MT. Dalam sambutannya beliau menyampaikan sangat menyambut baik terselenggaranya kuliah umum ini, selain sebagai wadah untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi para mahasiswa juga secara umum mengenalkan bidang industri minyak dan gas (migas) dan dasar keselamatan kerja (K3) pada khususnya.

Kemudian beliau juga menambahkan pentingnya untuk mengimplementasikan Keselamatan kerja di dunia kerja untuk mendukung produktivitas kerja dan menghimbau untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam setiap aktivitas . dan dalam memasuki MEA 2015 beliau juga mengingatkan mahasiswa untuk terus membekali diri dengan pengetahuan dan kompetensi agar dapat bersaing di dunia kerja dan mampu berkompetisi dengan engineer-engineer dari luar negeri. Beliau juga mengharapkan untuk kedepannya kuliah umum dapat menjadi agenda rutin bagi HME Unjani.

Pak Hendra Jati selaku salah satu pengurus dari HSE Indonesia juga menyempatkan untuk hadir serta memberikan sambutan dan motivasi bagi peserta kuliah umum. Dalam sambutannya disampaikan bahwa implementasi HSE tidak hanya di industri Migas saja tetapi juga sudah di implementasikan di seluruh bidang industri (tambang, Energi, Perkebunan, dll) sesuai dengan program pemerintah mewujudkan Indonesia berbudaya K3 di tahun 2015. Beliau juga menyampaikan bahwa HSE Indonesia lahir dari kepedulian untuk melaksanakan dan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan kesehatan Kerja (SMK3) di seluruh lini baik industri maupun berbagai instansi agar bisa mewujudkan Indonesia bebas kecelakaan kerja tahun 2015.

Dalam kegiatan kuliah umum ini disampaikan materi diantaranya :

  1. Introduction to Oil & Gas Industry

Menjelaskan secara garis besar industry migas dari kegiatan hulu (exploration, development, production) dan kegiatan hilir (transportation, manufacturing, trading & marketing).

  1. HSE Implementation in Oil & Gas Industry

Dalam sesi ini menjelaskan tentang karakteristik industry migas yang memiliki potensi bahaya sangat tinggi, teknologi tinggi dan padat modal.

Bahaya di tempat kerja mencakup : factor bahaya biologi, kimia, fisik/mekanik, bio mekanik dan social psikologiserta dijelaskan tahapan Hierarchy of Control.

Implementasi HSE Management System dan Control of Work untuk menjamin terciptanya suasana kerja yg aman, nyaman, keselamatan bagi pekerja, sehat bebas dari penyakit akibat kerja serta lingkungan yang bersih tidak ada pencemaran lingkungan di area operasi kerja.

Pengenalan dan praktek menyusun JSA (Job Safety Analysis).

  1. Career in Oil & Gas Industry.

Sharing dan diskusi berkarir di industry minyak dan gas baik di onshore maupun offshore serta tips untuk beradaptasi bekerja di industry migas.

Peserta kuliah umum berjumlah 60 orang dan sangat antusias untuk menyimak materi yang disampaikan, seluruhnya adalah mahasiswa teknik elektro UNJANI dari semester 2 s/d 8. Dalam kuliah umum juga di selingi dengan pemutaran video pengenalan industri migas, piper alpha disaster, hazard identification, life in offshore dan T-BOSIET (Tropical Basic Offshore Safety Induction Emergency training) untuk memberikan gambaran secara jelas terkait dengan materi yang diberikan, dan juga sesi tanya jawab serta pembagian doorprize bagi peserta.

Ketua HME Kang Heri Barokah menyampaikan dalam penutupan acara, ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada HSE Indonesia atas kesediaannya untuk dapat memberikan sharing knowledge melalui kuliah umum, dan melihat antusiasme peserta yang cukup besar harapannya kedepan kerjasama ini dapat terus terjalin dengan melaksanakan kegiatan yang lebih besar lagi.

Untitled-5

Foto bersama Peserta dan Anggota HSE Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *