PENILAIAN TINGKAT BAHAYA BAHAN KIMIA & MATERI FISIK

1. Nilai ambang batas (Treshold Limite Values-TLV)
2. Batas terpapar yang diperbolehkan (permissible exposure limit)
3. Lethal dose dan lethal concentration.

1) Nilai ambang batas (TLV)
• Threshold Limit Value – Time Weighted Average (TLV-TWA). Konsentrasi rata-rata waktu terukur (TWA) untuk hari kerja normal 8 jam atau 40 jam seminggu dimana hampir semua pekerja secara terus menerus dapat terpapar tanpa pengaruh yang membahayakan. •
• Threshold Limit Value – Short Term Exposure Limit (TLV – STEL). Konsentrasi maksimum dimana pekerja dapat terpapar selama periode 15 menitsecara terus menerus.
• Threshold Limit Value – Ceiling (TLV-C). Konsentrasi yang tidak boleh dilewati bahkan secara langsung pada waktu yang sangat singkat.
• IDLH (Immediately Dangerous to Life or Health) Value – Konsentrasi yang dapat membahanyakan secara cepat terhadap jiwa manusia atau kesehatan.

2) Permissible Exposure Limit
Adalah batas paparan dari bahan fisik (physical agent) terhadap pekerja. Biasanya dinyatakan dengan ppm atau mg/m3. PEL biasanya juga dinyatakan dalam TWA atau STEL, yang telah dijelaskan di atas.

3) Lethal Dose & Lethal Concentration
Selain itu penilaian tingkat bahaya suatu bahan kimia juga dapat dilihat dari tingkat racun yang dapat mematikan objek hewan percobaan (tikus pada umumnya). Tingkat racun yang dapat mematikan hewan yang diuji karena tertelan atau kontak dengan kulit disebut Lethal Dose (LD).
Penilaian konsentrasi racun dari bahan kimia ini disebut Lethal Concentration (LC)
dimana LC 50 adalah konsentrasi yang dapat menyebabkan 50% hewan yang diuji mati karena menghirup uap atau gas dari bahan kimia tersebut pada suatu waktu uji yang diberikan (1 jam)

Penulis :

Puji Utomo – Balikpapan

HP : 081347988596

Email : utomo_puji@yahoo.com

2 Responses to PENILAIAN TINGKAT BAHAYA BAHAN KIMIA & MATERI FISIK

  1. Lumayan ini buat bacaan, jangan lupa kasi video yg sesuai sm topik ini min.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *